Selasa, 18 Oktober 2011

Rangkaian Lampu Taman Otomatis


Lampu Taman Otomatis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKqPa5OTeaV64CO7Tp3y1H3u0nQPW3xBqIYIvooW2VNsSzP0gG05fv-bwIE3paisQz1hwvqjsiasZV3EtIObcZA4UuyC8r8fGTZBN25KsbCNiLrQxVP43p5FRs4xX8PctWLPAMkzr7dnZ3/s200/lampu+taman.jpg
Lampu Taman
Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang cukup menarik. Mau Tahu…?
Ini adalah hasil jalan-jalan saya ke sebuah pasar malam. saya melihat ada yang menjual sebuah alat elektronika yang cukup menarik, Lampu taman Otomatis. Setelah dicek ternyata lampu taman otomatis tersebut cukup sederhana dan saya  merasa mampu membuat lampu taman otomatis sendiri seperti itu.
Pertama-tama kita kumpulkan beberapa komponen elektronika yang memiliki peran penting dalam membuat lampu taman otomatis ini. Komponen tersebut terdiri dari sebuah Mikrokontroler sebagai Pengendali lampu taman Otomatis (Saya menggunakan ATMEGA 8535), sebuah Relay 12 Volt dan yang terpenting adalah sensor yang digunakan pada aplikasi lampu taman ini, Sensor PIR (Pasif Infra Red). Untuk jelasnya, anda bisa lihat diagram blok berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglmmYvILaAVadJnezyDcGpaWDDVbVh6rGIopNy07acSPaFuHNuRtgy6vASYkO3pjf7YUaj5rGxM8uZxpDb9gRcVkf02s9LsERC6kYRKBU7-U5q-maYHKtq_uCMRPDB-dO9tKiBEaSiR8-h/s320/Diagram+Blok+Lampu+Taman+.jpg

Gambar.1 Diagram Blok Lampu Taman Otomatis

Selanjutnya lihat gambar rangkaian lampu taman otomatis menggunakan sensor PIR berikut ini.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKj48-GBBsWfVKv7Evr_XsvNl2GuU7sKvBfOkpFqPeCOcPiflb3xYUdjXBjotGEGq3CDfS34qsBnOL43XLR0ybkUFffqA1CkZYpRiwcev_R2oDdeN9E8PRGDTbOADSQD2FpT3YqSNpnHXN/s320/Rangkaian+Lampu+Taman+otomatis.jpg
Gambar.2 Rangkaian Lampu Taman Otomatis
Dan untuk cara kerjanya dapat dilihat diagram alir lampu taman otomatis menggunakan sensor PIR berikut ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEhXeGTEXsR0qD-EBVnKNOJxq6Iqz7EcQ8K_eWjSGXFBJNyfRgb3VY64RvUuLw_uxSLCJ-RvSW1b6jsL2AtLW97A68oznyNAtYmxRR5pXPFdvqpBb9D_ZF-BOoI9TLvaqBT1dyTUlNpAbe/s320/diagram+alir+lampu+taman+otomatis.jpg
Gambar.3 Diagram Alir Lampu Taman Otomatis

Sedikit penjelasan mengenai cara kerja lampu taman otomatis ini.
  1. Lampu taman ini dinyalakan secara manual di malam hari. Sebatas mengalirkan listrik utama dari rumah anda.
  2. Supply tegangan dari rumah akan mengaktifkan Mikrokontroler dan juga Sensor PIR.
  3. Kondisi awal lampu taman adalah OFF sebagaimana yang anda lihat di rangkaian lampu taman diatas (Gambar.2). Lampu taman dihubungkan dengan saklar NC Relay.
  4. Sensor PIR akan mendeteksi keberadaan manusia disekitarnya.
  5. Jika ada orang di taman, sensor PIR akan memberikan input 1 ke mikrokontroler dan mikrokontroler akan mengaktifkan relay. Posisi NO akan berubah menjadi NC dan lampu taman secara otomatis akan ON.
  6. Jika tidak ada orang di taman, sensor PIR akan memberikan input 0 ke mikrokontroler dan mikrokontroler akan menon-aktifkan relay. Posisi NC akan berubah menjadi NO dan lampu taman secara otomatis akan OFF.

Untuk Pemrograman Lampu taman otomatis menggunakan sensor PIR ini bisa anda buat sendiri menggunakan bahasa C (menggunakan Codevision AVR) atau menggunakan bahasa basic (Bascom AVR). Silakan gunakan diagram alir dari lampu taman diatas sebagai panduan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar